IBX5980432E7F390 Cara Membuat Website Edukasi Online atau E-Learning - BUKA RAHASIA

Navigation List

Jangan Lakukan 7 Keromantisan Ini, Jika Ingin Hubunganmu Aman dan Langgeng

Jangan Lakukan 7 Keromantisan Ini, Jika Ingin Hubunganmu Aman dan Langgeng - Hmm.... ingin hubungan langgeng kenapa malah dilarang romantis...

Cara Membuat Website Edukasi Online atau E-Learning

Website edukasi adalah situs online yang dibuat dengan tujuan memberikan pembelajaran jarak jauh. Beberapa universita atau perguruan tinggi, saat ini sudah banyak yang menerapkan pembelajaran jarak jauh dengan media website.

Website edukasi memang menjadi solusi tepat agar pendidikan bisa diakses oleh semua lapisan masyarakat. Selain sebagai media pembelajaran utama, bagi sekolah-sekolah website edukasi bisa dijadikan juga sebagia media pendukung agar siswa memiliki banyak referensi dalam belajar.

Dengan menggunakan metode e-learning, maka sebuah lembaga pendidikan bisa menjangkau peserta didika lebih jauh, bisa berinteraktif kapan saja dan dimana saja, mempermudah penyempurnaan dan penyimanapan materi. Dengan demikian maka peserta didik juga akan lebih aktif dan kreatif dalam mendalami sebuah materi pelajaran.

Baca Juga : Ada Banyak Bantuan Pendidikan, Ayo Sekolah

Cara membuat website edukasi online atau e-learning sangatlah mudah. Apalagi sekarang banyak sekali script web berbasis PHP yang bisa diunduh secara gratis. Moodle adalah salah satu penyedia scrip web Content Managemen Sistem (CMS) gratisan.

Moodle merupakan sebuah aplikasi Course Management System (CMS) gratis dapat di-download, digunakan ataupun dimodifikasi oleh siapa saja dengan lisensi secara GNU (General Public License). Anda dapat men-download aplikasi Moodle di alamat http://www.moodle.org . Saat ini Moodle CMS sudah digunakan pada lebih dari 150.000 institusi di lebih dari 160 negara didunia.
Aplikasi Moodle dikembangkan pertama kali oleh Martin Dougiamas pada Agustus 2002 dengan Moodle Versi 1.0. Saat ini Moodle bisa dipakai oleh siapa saja secara Open Source. Sistim yang dibutuhkan agar aplikasi Moodle ini dapat berjalan dengan baik adalah sebagai berikut:
– Apache Web Server
– PHP
– Database MySQL atau PostgreSQL
Dengan menggunakan Moodle kita dapat membangun sistim pendidikan dengan konsep E-Learningpembelajaran online ) ataupun Distance Learning (Pembelajaran Jarak Jauh). Dengan konsep ini system belajar mengajar akan tidak terbatas ruang dan waktu. Seorang dosen/guru/pengajar dapat memberikan materi kuliah dari mana saja. Begitu juga seorang mahasiswa/siswa dapat mengikuti kuliah dari mana saja.

Adapun cara membuat website edukasi online atau e-learning sama dengan membuat website lainnya. Yang diperlukan untuk membuat sebuah website yaitu domain dan hosting. Sama halnya dengan membuat website pendidikan untuk satuan pendidikan yang sudah saya bahas.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Cara Membuat Website Edukasi Online atau E-Learning"

Posting Komentar