IBX5980432E7F390 Ada Banyak Bantuan Pendidikan, Ayo Sekolah - BUKA RAHASIA

Navigation List

Jangan Lakukan 7 Keromantisan Ini, Jika Ingin Hubunganmu Aman dan Langgeng

Jangan Lakukan 7 Keromantisan Ini, Jika Ingin Hubunganmu Aman dan Langgeng - Hmm.... ingin hubungan langgeng kenapa malah dilarang romantis...

Ada Banyak Bantuan Pendidikan, Ayo Sekolah

Bantuan pendidikan adalah dana yang dikucurkan oleh pemerintah, lembaga, organisasi, yayasan dan badan lainnya yang peduli terhadap dunia pendidikan Indonesia. Adanya program pendidikan wajib belajar 9 tahun untuk anak-anak Indonesia memang perlu didukung dengan bantuan biaya pendidikan, sebab faktanya masih banyak warga negara Indonesia yang hidup di bawah garis kemiskinan sehingga tidak mampu kalau harus menyekolahkan putra-putrinya ke jenjang lebih tinggi.

Namun, alasan tidak sekolah karena tidak ada biaya sekolah saya rasa sudah tidak tepat lagi digunakan. Pasalnya, sekarang ini banyak sekali bantuan pendidikan yang bisa digunakan untuk membantu biaya pendidikan anak-anak.

Pemerintah Indonesia sendiri, mengeluarkan berbagai kebijakan untuk menuntaskan pendidikan anak-anak di Indonesia. Kebijakan-kebijakan berkaitan dengan upaya menuntaskan pendidikan anak-anak Indoensia antaranya adalah Program Indonesia Pintar dan Program Keluarga Harapan.

Baca Juga : Pendidikan Pancasila, Pengertian dan Landasannya

Program Indoensia Pintera adalah bantaun pendidikan dalam bentuk beasiswa untuk siswa kurang mampu. Bantuan pendidikan ini disalurkan melalui bank yang telah ditunjuk oleh pemerintah. Adapun siswa yang berhak mendapatkan dana Program Idnoensi Pintar adalah siswa dari keluarga miskin/ rentan miskin, korban bencana, yatim piatu dan kriteria lain yang sudah ditetapkan dalam aplikasi Dapodik.

Setiap siswa yang sudah dinyatakan layak menerima dana PIP maka akan mendaptkan KIP (Kartu Indonesia Pintar). Jika sudah mendapatkan KIP maka anak tersebut berhak mendapatkan bantuan pendidikan dengan nominar 225.000 atau 425.000 setiap tahunnya.

Program Keluarga Harapan adalah bantuan yang disalurkan pemerintah untuk keluarga kurang mampu. Dana yang disalurkan melalui program keluarga harapan ini juga dialokasikan untuk membangu pendidikan anak-anak. Sehingga salah satu persyaratan untuk mendapatkan dana program keluarga harapan adalah harus memiliki anak yang masih aktif bersekolah.

Selain bantuan pendidikan yang telah di sebutkan di atas, ada juga bantuan pendidikan-bantuan pendidikan lain yang bisa dimanfaatkan. Contoh, kemdikbud juga mengeluarkan program beasiswa unggulan yang bertujuan melahirkan insan cerdas dan kompetitif yang dapat berkontribusi kepada daya saing bangsa. Sedangkan tujuan utama dari program Beasiswa Unggulan adalah melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi di perguruan tinggi dalam dan/atau luar negeri sesuai dengan Permendikbud No. 95 Tahun 2013.

Nah bantuan pendidikan sudah ada, bahkan biaya operasional sekolahpun sudah dibantu oleh pemerintah melalui dana BOS. Jadi, saya rasa tidak ada lagi alasan untuk tidak sekolah karena tidak ada biaya. Ayo manfaatkan bantuan pendidikan sebaik-baiknya dan ayo bersekolah.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Ada Banyak Bantuan Pendidikan, Ayo Sekolah"

Posting Komentar